Social Media

Posted on 05 April 2023

5 Tips Menjadi Musisi yang Sip

Simak 5 tahap dasar menjadi musisi yang baik

Menjadi musisi adalah satu dari pekerjaan terbaik yang tidak bisa sebagian orang bisa lakukan. Setiap orang terlahir dengan bakat musik, namun seberapa besar bakat tersebut bisa diasah untuk menjadi musisi yang baik dan populer kelak di kemudian hari? Kami yakin bahwa bakat yang baik dengan dibekali pengetahuan yang baik akan menjadikanmu musisi profesional yang siap terjun ke industri musik. 

Tapi sebelumnya, pahami dulu 5 tips berikut ini untuk menjadi musisi yang sip.
  
1. Asah skill bermain alat musik
Tiap orang dianugerahi bakat untuk bermain alat musik. Oleh karena itu, mengasah skill bermain musik adalah kewajiban pertama yang harus kamu lakukan untuk menjadi musisi yang baik. Ambil kursus alat musik atau semudah menyimak tutorial-tutorial yang bertebaran di Youtube. Silakan pilih yang terbaik!  

2. Bikin Lagu sendiri
Penting banget buat musisi untuk punya karya sendiri. Setelah kamu meningkatkan bakat bermain alat musik, ini saatnya untuk menulis kata-kata ke dalam lirik dan membuat lagu sendiri. Bikin lagu gak pernah ada rumus, semua tergantung rasa dan kunci instrumen apa untuk memulainya. 

3. Pelajari teknik merekam lagu
Satu-satunya tehnik simpel untuk merekam lagu hari ini adalah lewat smartphone. Tempelkan smartphone ke instrumenmu, klik rekam dan kamu bisa merekam suara bahkan video lagumu sendiri. Namun jika kamu ingin meningkatkan skill merekam kamu, gampang banget. Tinggal lihat tutorial recording di Youtube kalau kamu mau merekam lagumu secara sendiri. Atau jika kamu punya sedikit uang, kamu bisa pergi ke studio rekaman. 

4. Banyak manggung, perluas networking 
Networking sangat penting untuk menjadi musisi yang sip. Hang out di gigs, music talkshows, listening sessons, listen & talk to bands, people dan orang-orang yang ada di situ. Kamu gak pernah tahu siapa yang akan datang, mungkin jika kamu dapat kesempatan tampil, akan ada orang label yang tertarik? You'll never know. 

5. Cari publisher, kelola lagumu
Ketika di tahap kamu dan lagu-lagumu sudah mulai dikenal orang, itulah saat dimana kamu harus butuh publisher musik untuk melindungi dan mengelola hak cipta atas lagu-lagu yang kamu buat, dari urusan lisensi dan royalti musik, sumber pendapatan dan lain-lainnya. Publisher yang baik adalah publisher yang punya visi dan misi sama dengan kamu. Dengan punya publisher, kamu bisa fokus bermusik tanpa pusing ngurusin hal-hal lainnya dan who knows, publisher bakal ngasih kamu banyak kesempatan yang bisa mendatangkan sumber income buat kamu dan musikmu.