Social Media

Posted on 05 April 2023

Pentingnya Mendaftarkan Lagu Bahkan Sebelum Lagu Populer

foto dok: ari_lesmana (instagram).

Kita semua tahu bahwa sebuah lagu bisa populer itu adalah ketika orang banyak yang suka lagumu. Ketika lagu ini dirilis pertama kali, mulai dari kaset atau CD atau streaming, ada banyak orang yang rela dan berlomba-lomba untuk membeli kaset, CD atau memutar lagu lo berkali-kali di layanan streaming service.

Hari ini, sebuah lagu juga bisa populer ketika lagu ini menjadi soundtrack dari sebuah konten tiktok atau ketika dibawakan penyanyi lain di Youtube. Sebuah lagu juga bisa populer dan meledak ketika dirilis ulang dan dibawakan oleh penyanyi lain.

Namun sadar atau gak, sebuah lagu juga bisa populer justru ketika lagu itu pertama kali dipakai jadi sebuah soundtrack dari sebuah film.

Kita ingat bagaimana contoh lagu “Zona Nyaman” dari Fourtwnty. Lagu yang ditulis tahun 2017 ini belum meledak sampai ketika lagu itu dipakai dalam film Filosofi Kopi. Nah, dari sini lagunya pun makin populer, angka streamingnya pun tinggi. Dari sini lah kemudian seorang musisi kadang mulai mendaftarkan lagunya untuk dilindungi dan bisa dieksploitasi lebih lanjut lagi.

“Zona Nyaman” gak sendirian, ada banyak lagu yang mungkin belum populer yang bisa punya kans untuk populer ketika itu bisa dieksploitasi baik oleh film dan sebagainya.

Ada contoh kaus lagu Koil berjudul “Aku Lupa Aku Luka”, lagu yang ada dalam album Blacklight (2007) ini bukan lagu populer Koil karena bukan bagian dari single utama dari album tersebut. Baru 11 tahun kemudian, lagu makin populer ketika hadir menjadi soundtrack dari film Wiro Sableng Pendekar Maut Kapak Geni yang tayang pada 2018 lalu. Tak lama setelah itu, ada film horor yang bertajuk sama dengan lagu Koil, Aku Lupa Aku Luka yang juga memasang lagu Koil sebagai soundtracknya.

Dua contoh ini membuktikan bahwa sebuah lagu belum/tidak terlalu populer pun bisa punya kans untuk eksploitasi secara komersil. Dari sini, justru lagu tersebu bisa atau lebih populer dari sebelumnya.

Jadi tunggu apalagi, sebelum lagu itu populer, ada baiknya buat musisi untuk mendaftarkan lagu ke publishing company agar lagumu bisa terlindungi dan terekspolitasi secara baik dan tepat sasaran.